Tiap tahun Apple selalu memunculkan seri baru dari iPhone miliknya. Kehadiraan iPhone baru ini selalu jadi perbincangan baik penggemar produk Apple garis keras alis fanboy maupun gadget freak lain di luar fanboy. Mau tak mau munculnya versi terbaru dari iPhone mendorong orang-orang untuk terus membeli seri terbarunya, bukan?

Umumnya untuk membeli suatu gadget baru , seseorang menunggu hingg dua tahun dimana masa pakai dari gadgetnya sudah menurun. Tapi bagaimana dengan nasib pengguna iPhone yang terus memburu versi terbarunya? Harga iPhone kan tak murah, harus diapakan iPhone yang lama saat membeli iPhone yang baru?

Baca Juga: Perjalanan Genpro Hingga Genpro Z 

Kalau jawabannya sekadar dijual sih sudah umum ya. Sebenarnya meski sudah punya iPhone baru, iPhone lawas tak perlu ‘dibuang’ dengan cara dijual.

Fungsi dari iPhone Lawas

iphone lawas

Ada fungsi terpendam dari iPhone lawas lho. Begini cara memanfaatkan iPhone lawas :

  1. iPhone-mu bisa jadi asisten pribadimu

iPhone lawas bisa jadi asisten virtual pribadimu. Ia biisa membantumu menyelesaikan tugas-tugas kecil dengan ringkas. Tapi untuk ini kamu harus menggunakan iPhone lawas yang sudah memiliki fitur Siri di dalamnya.

Cara pakainya gampang kok. Taruhlah iPhone lawasmu di tempat yang mudah dijangkau. Selanjutnya aktifkan fitur ‘Hey Siri’. Kalau sudah diaktifkan, minta Siri untuk membantumu mencari informasi di dunia maya, mencari resep masakan, membaca pesan yang masuk, membuat to-do-list, dan masih banyak lagi. Lumayan kan?

  1. iPhone lawasmu bisa jadi pengganti iPod

Secara ‘kasar’ bisa dikatakan bahwa iPhone adalah versi besar dari iPod yang dilengkapi kamera dan punya jaringan seluler. Jadi daripada dianggurin, mending sekalian saja pakai iPhone lawasmu untuk memutar musik seperti fungsi iPod.

Artikel Menarik: Sudah Tahu Belum, Begini Cara Repost Postingan di Instagram 

Unduh saja berbagai macam aplikasi streaming musik yang lagi hype saat ini seperti Spotify, Joox, atau Apple Music. Selain itu kamu juga bisa mengisi lagu dan video dengan menggunakan iTunes. Selamat menikmati musik lewat iPhone rasa iPod 😀

  1. Jadi USB portable

iPhone lawasmu bisa jadi external storage portable untukmu. Apapun kamu bisa simpan di iPhone lawasmu itu. Sebut saja foto, lagu, video, dan dokumen untuk beragam keperluan.

Gunakan aplikasi File Manager untuk bantu menata file-filemu supaya lebih tertata rapi. Kamu pun juga bisa mengakses file-file tadi lewat laptop atau PC.

  1. iPhone lawasmu bisa jadi hiburan buat anak-anak

Mau menambah kedekatan dengan anak-anak di sekitarmu? Buat iPhone lawasmu sebagai wadah bermain dan belajar anak-anak. Unduh aplikasi-aplikasi permainan maupun aplikasi anak lainnya di iPhone-mu.

iphone lawas banget

Untuk menjaga supaya anak-anak tak membuka aplikasi atau browsing hal-hal lain yang tak sesuai dengan umurnya, batasi saja akses mereka. Atur akses anak-anak yang memegang iPhone-mu melalui menu Settings yang tersedia.

  1. Jadikan iPhone lawasmu sebagai kamera keamanan

Kamu merasa kualitas kamera iPhone lama-mu tak sebaik kamera iPhone-mu yang sekarang? Kamu bisa menggunakan fungsi kameramu itu untuk menangkap kondisi lingkungan sekitarmu sebagai kamera keamanan.

Bagaimana cara kerjanya? Manfaatkan saja aplikasi tambahan seperti Manything atau Presence. Dengan aplikasi tadi perangkatmu bisa menyiarkan secara langsung kondisi tempat-tempat yang ingin kamu awasi keamanannya. Kalau ingin memiliki fitur tambahan dari aplikasi tadi, kamu bisa membayar fitur premium yang disediakan aplikasi tadi. Sudah siap jadi ‘satpam’?

Tuh kan sayang kalau iPhone lawas keburu dijual atau didiamkan saja di rumah. Ternyata kamu tetap bisa memperlakukan iPhone lawas bak barang baru bukan? Selamat mencoba yaa